Sejak bulan lalu, di internet sudah banyak beredar potongan-potongan gambar generasi terbaru V-ixion. Sekilas, sosok V-ixion baru hampir mirip dengan model sebelumnya. Namun jika diperhatikan lebih detail, ubahannya banyak! Misalnya, desain lampu utama lebih besar; model lampu sein lebih lancip; tampilan speedometer menggunakan dual sistem, analog-digital; tutup tangki model rata; dan rumah kunci kontak berada tepat di atasnya.
Desain knalpot juga baru. Pelek dan tapak ban lebar sama dengan Byson. Lalu, rem belakang kini cakram dan sepatbor dilengkapi rear hugger, sedangkan bentuk lengan ayun kotak dengan ukuran lebih besar dari model lawas.
Kabarnya, PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YMMI) bakal meluncurkan generasi baru V-ixion di ajang Jakarta Motorcycle Show di Jakarta Convention Centre, Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, 31 Oktober 2012. Tidak tanggung-tanggung, Jorge Lorenzo, Juara MotoGP 2011, bakal diboyong untuk meluncurkan sport andalan Yamaha ini.
Barangkali, ada yang penasaran dengan tulisan calon Yamaha V-Ixion baru karena kurang detail memaparkan perubahannya. Dalam tulisan ini, kami coba memberikannya. Selain itu, setelah diamati, tampaknya Yamaha berupaya mewujudkan masukan dari konsumen di Indonesia.
Kita mulai dari bagian kaki-kaki. Sepeda motor sport ini sudah memakai ukuran pelek lebar 2,50 inci depan dan 3,50 inci belakang, dibalut karet bundar ukuran 90/80 R 17 di depan dan di belakang 120/70 R 17. Bagian paling enak dilihat pada tampilan panel indikator, yang kini lebih mewah. Selain itu, speedometer sudah tidak menggunakan kabel ke roda depan lagi, tetapi pakai sensor. Canggih!
Waktu putar kunci kontak, Yamaha melakukan inovasi dengan menyapa konsumennya melalui tulisan “Hi Bro” sebelum konsol indikator menyala. Menariknya lagi, Yamaha New V-ixion kini juga meninggalkan starter kaki (engkol) dan hanya mengandalkan starter listrik. Langkah Yamaha ini terbilang berani. Pasalnya, Suzuki Thunder pernah kurang laris karena kekhawatiran konsumen kalau aki soak atau mesin tak bisa nyala. Belum ada tanggapan dari manajeman Yamaha terkait masalah ini.
V-ixion baru kini sudah dilengkapi sistem pendingin cairan dan sistem injeksi dengan sensor oksigen (O2). Jeroan knalpot kabarnya juga diperbarui, tetapi informasinya belum jelas dari pihak Yamaha. Pegangan belakang kini menyatu dengan fairing belakang, layaknya sepeda motor premium, sehingga tidak mengganggu garis lurus desain bodi secara keseluruhan.
Bentuk knalpot, terutama ujungnya, kini terlihat futuristik. Informasi lain yang diperoleh, bobot V-ixion lebih berat 4 kg dibandingkan model lawas karena perubahan ukuran ban, pelek, dan lengan ayun yang lebih besar. Namun, tampilannya bisa lebih kekar!
Sumber : www.duniamotor.net
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !